""

Saturday, October 1, 2011

TIPS HARI PERTAMA BEKERJA..

Hari pertama bekerja adalah pengalaman yang menegangkan dan menakutkan. Anda tidak hanya harus menghadapi bos Anda, tetapi juga harus membuat kesan pertama yang baik pada rekan kerja Anda. Hari pertama kerja mungkin sedikit menakutkan tetapi tidak harus menjadi bencana total. Bahkan, hari pertama Anda benar-benar dapat menjadi hebat. Berikut adalah 10 tips untuk hari pertama yang sukses kerja.



1. Datang tepat waktu
Jangan terlambat pada hari pertama Anda bekerja. Tiba pada atau sebelum waktu untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa diandalkan. Ketika Anda melakukan ini, Anda juga mencegah diri dari perasaan bergegas atau stres dari terlambat.

2. Mengenakan pakaian kerja yang sesuai
Membuat kesan pertama yang baik pada hari pertama Anda dengan menunjukkan di pakaian kerja yang tepat.  Jika Anda tidak yakin tentang apa yang akan dikenakan, bertanya tentang kode gaun sebelum hari pertama Anda. Atau lebih baik lagi, perhatikan apa yang karyawan pakai saat anda dipanggil untuk wawancara.

3. Jangan berharap terlalu banyak
Sebagian besar waktu, hari pertama kerja dapat membosankan. Pada hari pertama, Orang tidak akan menyerahkan tugas-tugas penting yang akan menyita waktu Anda. Jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan sesuatu untuk dilakukan, tak peduli betapa tidak menarik.

4. Tetap tersenyum

Sesuatu yang sederhana seperti senyum benar-benar bisa mengubah pendekatan orang terhadap Anda. Ketika Anda tersenyum, Anda terlihat lebih menarik dan lebih didekati. Anda lebih mungkin untuk mendapatkan reaksi positif dari rekan kerja jika Anda tersenyum.

5. Bersikap ramah namun tidak terlalu terbuka

Pada hari pertama, bersikap ramah dan didekati. Namun, bebrapa hal pribadi harus disimpan sementara waktu sampai memiliki teman dekat. Anda hanya harus fokus pada membangun hubungan baik dan meninggalkan kesan yang baik pada rekan kerja Anda.

6. Bertindak profesional dan sopan

Bahkan jika Anda bekerja dengan orang yang sudah dikenal jangan lupa untuk bersikap profesional dan sopan. Jangan terlalu mudah tersinggung, atau nyaman dengan orang yang Anda baru saja bertemu. Berhati-hatilah dalam menceritakan lelucon, karena beberapa orang mungkin merasa yang lelucon tersebut tidak pantas. Kuncinya adalah menjaga sikap profesional dan sopan pada hari pertama Anda.
               

7. Memiliki banyak informasi

Cobalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang system kerja dan orang-orang menjalankan perusahaan. Bahkan jika Anda tidak akan menggunakan informasi pada hari pertama Anda, maka setidaknya akan membantu Anda memahami budaya dan cara kerja perusahaan yang lebih baik.

8. Bertanya dan menyerap

Anda tidak perlu takut untuk mengajukan pertanyaan di hari pertama bekerja.Hal ini menunjukkan kepada bos dan rekan kerja bahwa Anda bersedia untuk belajar tentang perusahaan dan bagaimana mereka menjalankan perusahaan. Dan ketika Anda mengajukan pertanyaan, Mendengarkan dan menyerap segala sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda.

9. Mencatat

Pada hari pertama Anda, kemungkinan Anda akan dibanjiri dengan banyak informasi. Bahkan jika Anda memiliki memori yang besar, Anda harus menuliskan informasi dalam sebuah notebook kecil atau di PDA Anda. Anda selalu dapat melihat kembali catatan jika Anda memiliki pertanyaan atau klarifikasi.

10. Tawarkan untuk membantu

Jika belum diberi list job untuk hari pertama, berinisiatif untuk membantu di sekitar kantor. Mintalah atasan atau rekan kerja jika ada yang membutuhkan bantuan. Bahkan jika mereka tidak memberikan apa-apa yang harus dilakukan, setidaknya mereka tahu bahwa Anda bersedia untuk menawarkan bantuan.



Perhatikan bahwa hari pertama kerja Anda akan lebih tentang membangun hubungan dan meninggalkan kesan pertama yang baik pada orang-orang di perusahaan baru Anda. Anda tidak perlu khawatir dulu tentang membuktikan kompetensi Anda dan layak. 

Tetiba je aku wat entry ni kan..huhu..Sebenarnya tips ini untuk aku jugak..Hari isnin ni hari pertama bekerja..Rasa cuak lak..Takot x sesuai..Sebab tu company org cina,lg2 bi aku sgtla terabur..Mcm manerlah nak communicate nnti...Papepown wish me luck k...

6 comments:

ghost writer said...

aku dah terlupa pertama kali aku kerja macam mana..

Myra Jay said...

Ok tip yg sangat berguna nieh :)

shida'R said...

nice tips :)

Cik tikah said...

senyum penting.. senyum:))))))))

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...